Menengok Keseruan Training Management 2019




          Training management (TM) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Administrasi pendidikan bagi mahasiswa baru sebagai kelanjutan dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang bertujuan untuk pengenalan mendalam mengenai jurusan Administrasi pendidikan bagi mahasiswa baru. Training management tahun ini mengambil tema “Learn Today Lead Tomorrow”, “tema tersebut dipilih karena dapat mengintepretasikan visi dan misi mahasiswa Administrasi Pendidikan (AP) kedepannya sebagai seorang administrator dan pemimpin” ungkap Deva sebagai ketua pelaksana TM 2019. Lebih lanjut Deva mengungkapkan tujuan diadakannya TM ini dengan tema “Learn Today Lead Tomorrow” yaitu untuk membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa baru, melatih mahasiswa untuk dapat memanage atau mengelola diri sendiri dan menggerakkan orang lain untuk dapat mencapai tujuan, serta memperdalam pengetahuan akademik mahasiswa AP. Pelaksanaan TM dibagi menjadi dua tahapan kegaiatan yaitu diklat alam dan diklat ruang. 
          Tahap pelaksanan TM yang pertama yaitu diklat ruang yang dilaksanakan pada tanggal 28 september 2019 bertempat di Ruang Ormawa FIP. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu indonesia raya, doa, dan sambutan dari panitia dan dosen AP. Kegiatan berlanjut dengan penyampaian materi oleh pak Ahmad Nur Abadi sebagai perwakiland ari dosen AP. Materi yang disampaiakan seputar jurusan Administrasi Pendidikan serta tips bagaimana menjalani kegiatan perkuliahan sebagai mahasiswa AP. Penyampaian materi dilakukan secara santai dan interaktif dan sesekali diikuti dengan candaan yang dilontarkan pak Nur, peserta diklat baik mahasiswa beru maupun panitia yang bertugas menerima materi dengan santai dan bahkan sesekali menjawab candaan yang dilontarkan oleh pemateri. Pada penyampaian materi ini juga terdapat sesi tanya-jawab, sebagian besar pertanyaan yang muncul merupakan keluh kesah mahasiswa baru dalam mengikuti perkuliahan mulai dari sulitnya adaptasi dengan teman dan lingkungan baru, materi perkuliahan yang dirasa sulit, sampai tugas-tugas perkuliahan. Agenda berlanjut dengan penyampaian Technical Meeting diklat alam Training Management (TM) sekaligus sebagai penutup dari rangkaian kegiatan diklat ruang. 
          Tahap kedua TM yaitu diklat alam dan merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Training Management. Diklat alam dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 4 sampai 6 oktober 2019 dan memilih coban talun sebagai tempat dilaksanakannya TM. Pelaksanaan diklat alam berlangsung seru, banyak aktfitas bagi mahasiswa baru yang telah disusun oleh panitia. Rangkain kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kreatifitas, disiplin, mandiri, kerjasama, serta melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa. Rangkaian kegiatan diklat alam ditutup dengan acara pengukuhan sebagai bentuk sambutan kepada mahasiswa baru menjadi keluarga Administrasi Pendidikan. Pelaksanaan TM 2019 tentunya meninggalkan banyak kesan bagi mahasiswa baru, “ kesan saya ikut TM itu pertama berat, karena banyak persiapan yang harus saya lakukan ditambah tempat diklat alam di coban talun yang memang terkenal dingin. Tetapi melalui kegiatan ini saya mendapatkan banyak masukan positif seperti lebih mengenal jurusan AP dan yang pasti dari kegiatan TM saya mendapatkan pengetahuan bagaimana kerjasama, saling menjaga satu sama lain dan menjadi pemimpin yang baik” ungkap Galuh yang dinobatkan sebagai Miss TM 2019. 



Selamat datang mahasiswa Administrasi Pendidikan 2019. “Disini kita adalah satu keluarga, keluarga Administrasi Pendidikan”, pengukuhan TM 2019.



Komentar

Postingan Populer